Rabu, 24 September 2014

Es Pisang Ijo





Es pisang Ijo adalah minuman segar yang cocok di konsumsi ketika cuaca terasa panas dimana. Minuman ini menjadi minuman favorit yang berasal dari kota Makasar. Rasanya yang manis dan segar membuat minuman ini banyak di gemari oleh banyak kalangan.

Rasa haus kita akan segera teratasi dengan minuman satu ini. Es pisang Ijo keberadaannya bukan hanya sebatas di kota makasar tetapi juga sudah tersebar ke seluruh tanah air. Dan kita pun bisa membuatnya sendiri. Meskipun sederhana namun rasanya sangat khas dan tentunya nikmat dan lezat.
Versi membuat es pisang ijo ini ada 2 macam yaitu dadar dan langsung dimasak, naah, kali ini saya akan berbagi resep yang menurut saya mudah yaitu dengan cara di dadar.
Bahan-bahan
Tepung Terigu   100 gram
Tepung Beras    15 gram
Tepung Sagu      15 gram
Santan  250 ml
Garam  1/4 sendok teh
Pasta pandan     1 sendok teh
BAHAN SAUS:   
Santan  300 ml
Tepung Beras    40 gram
Vanili     1/2 sendok teh
Pisang raja matang          3 buah
Gula Pasir            150 gram
Es batu secukupnya
Cara membuat
1.       semua tepung 2. Siapkan santan 3. Siapkan pasta pandan 4. Campur semua bahan di atas, aduk rata
2.       Dadar tebal di atas teflon 2. Letakkan pisang di pinggir dadar 3. Gulung lalu bungkus dengan plastik tahan panas 4. Kukus sampai matang (20 menit). Pas air mendidih adonan baru dimasukkan.
BAHAN SAUS:,
1.       Siapkan gula
2.       Masukkan santan dalam panci, masukkan gula dan vanilla bubuk.
3.       Cairkan tepung beras dengan 100 cc air, lalu masukkan ke dalam santan 3. Masak dan aduk-aduk sampai mendidih dan mengental
4.       Susun dalam wadah, potong-potong, masukkan es batu yang sudah dihancurkan, tuang bahan saus, lalu siram dengan sirup cocopandan, atau syrup strawberry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar